Contoh Surat Lamaran Pekerjaan untuk Fresh Graduate

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan untuk Fresh Graduate. Bagi Anda para pencari kerja yang baru saja lulus, berikut ini contoh surat lamaran yang bagus yang akan membuat HR cukup menarik untuk diundang wawancara.

Surat lamaran yang penting dirumuskan dengan baik dan benar karena merupakan perkenalan pertama Anda dengan perusahaan yang membuka posisi. Jika informasi dalam surat lamaran menarik, Anda berkesempatan untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya, yaitu wawancara.

Saat menulis surat lamaran, penting untuk diingat bahwa perusahaan yang Anda lamar tidak pernah mengenal Anda. Jadi sebaiknya Anda menyertakan contoh surat lamaran dengan informasi yang tidak hanya berisi kondisi Anda. Buat surat lamaran dengan mengemas data pribadi Anda dengan kualitas yang lebih baik. Surat lamaran juga dapat menunjukkan watak dan sifat seseorang.

Banyak siswa meninggalkan sekolah setiap tahun untuk mencari pekerjaan. Bagi Anda yang baru saja lulus dan belum memiliki pengalaman, template surat lamaran berikut ini mungkin bisa menjadi sumber inspirasi. Anda dapat memasukkan pengalaman organisasi atau magang Anda dalam surat lamaran Anda.Berikut ini adalah contoh surat lamaran pekerjaan untuk fresh graduate atau Anda yang baru saja lulus sekolah menengah atau baru lulus kuliah:

Jakarta, 16 Agustus 2021

Perihal : Lamaran

Yang Terhormat Bapak atau Ibu.

Bpk/Ibu Staff

Jl.Cempaka Tengah No.13

Di Jakarta

Yang Terhormat Bapak/Ibu,

Berdasarkan informasi lowongan kerja dari PT. Saya menerima harian Blemcoss dari Merdeka pada tanggal 15 Januari 2018. Saya bermaksud melamar suatu posisi dan bergabung dengan perusahaan yang Anda jalankan. Adapun wilayah kerja yang saya maksud adalah wilayah pemasaran dengan kode (MG) di PT. Blemcoss.

Berikut rincian singkat biodata saya:

Nama: Ida Sandrina

Tempat/Tanggal. Lahir: Malang / 31 Jan 1991

Pendidikan Terakhir: S1 Biologi

Alamat: Jl. Vila Terusan No. 121, Malang

Telp (HP): 081567567500

Status: Single

Dan saat ini saya dalam keadaan sehat dan lancar berbahasa Inggris. Kejujuran selalu saya utamakan dan pendidikan saya sangat memuaskan, dan saya juga bisa menggunakan komputer, baik itu Lotus Sheets, MS Office Word, Excel, Access, dan berbagai program perkantoran lainnya.

Untuk evaluasi terlampir:

  • CV
  • Fotokopi ijazah sarjana
  • Fotokopi catatan akademik
  • Fotokopi sertifikat kursus dan pelatihan
  • Foto sekarang

Kesempatan wawancara dengan Bapak/Ibu Staf Besar harapan saya dapat jelaskan lebih lanjut tentang potensi diri saya dan keterampilan saya untuk perusahaan yang Anda jalankan.

Dengan surat pengantar ini, saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu Staf.

Hormat kami,

 

Ida Sandrina

Nah, itulah contoh surat lamaran pekerjaan untuk fresh graduate atau bagi Anda yang baru saja lulus kuliah. Pastikan informasi yang Anda sajikan adalah informasi yang sebenar-benarnya dan tidak ada unsur kebohongan apapun mengenai status Anda. Jangan lupa untuk menunjukkan keahlian Anda juga ya!