Ini Dia 7 Dampak Negatif Main Game Bagi Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Ini dia 7 dampak main game bagi anak, orang tua wajib tahu! Permainan ini sangat digandrungi oleh anak-anak zaman now. Sebab banyak orang tua yang mengizinkan mereka dengan bebas memainkanya. Namun ada pula orang tua yang memberi batasan dan aturan bermain game pada mereka. Permainan ini memang mempunyai manfaat positif, namun dampak negatifnya juga lebih besar seperti berikut ini:

  • Terganggunya kesehatan mata

Seringnya menatap komputer atau gadget pada saat anak-anak bermain game akan merusak kesehatan mata. Misalnya mata menjadi lelah, minus yang meningkat, sampai pada kerusakan mata.

  • Gangguan motorik pada anak

Bermain game membuat anak kurang banyak bergerak. Hal ini akan menyebabkan berat badan bertambah atau obesitas.

  • Nyeri sendi

Saat bermain game dengan posisi salah seperti tiduran atau duduk membungkuk maka akan menyebabkan sakit sendi.

  • Menurunkan konsentrasi pada anak

Jika anak kecanduan game maka akan mengalami gangguan konsentrasi seperti mudah lupa dan gagal fokus. Hal ini sebab terjadi perubahan pada struktur dendrit sel-sel di otaknya

  • Anak kurang bersosialisasi

Dampak negatif main game pada anak yang lainnya adalah kurang bersosialisasi. Sebab anak akan lebih suka duduk depan komputer atau gadget daripada bermain di luar rumah bersama teman-temannya.

  • Mengalami masalah dalam komunikasi

Selain hal di atas, anak juga akan mengalami kesulitan dalam komunikasi. Sebab kemampuan berkomunikasi tidak cukup dengan mendengarkan lalu merespon pembicaraan orang lain. Namu komunikasi juga harus mampu membaca ekpresi mimik lawan bicara. Dengan begitu, anak yang kurang bersosialisasi sulit melakukan hal tersebut.

  • Anak jadi lebih agresif

Anak dengan kecanduan bermain game yang mengandung unsur kejerasan maka akan bersifat agresif.  Misalnya game peperangan, pertarungan, dan lain-lain. Selain itu, anak juga akan beremosi tinggi.

Siapa yang mengizinkan anak kecanduan bermain game? Tentu orang tuanya. Dalam hal ini Anda sebagai orang tua harus berperan aktif dalam merawat dan mendidiknya. Berikan pengertian pada anak-anak bahwa bermain game ada aturannya.

Simak ulasan lein mengenai permainan game online yang bisa Anda mainkan dengan mudah seperti game bandarqq online.

Itulah beberapa dampak negatif bermain game pada anak. Semoga bermanfaat.