Sejarah Game Online: Pengertian Hingga Jenisnya

Sejarah game online: pengertian hingga jenisnya – Di era globalisasi dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih dan modern seperti saaat ini tentu sudah tidak asing lagi dengan hal yang berbau online, termasuk game. Dengan banyaknya teknologi modern nan canggih saat ini, semua bisa dilakukan.

Adanya gadget membuat kita terbantu dalam hal apapun. Baik untuk mengerjakan sesuatu atau untuk kebutuhan komunikasi. Tidak terkecuali untuk game itu sendiri. Setidaknya, dalam satu unit perangkat gadget pasti ada minimal satu game yang bersarang disana. Entah itu yang dapat dimainkan secara offline atau online.

Bagi para pecinta game, pasti memiliki banyak sekali jenis permainan di dalam gagdetnya. Terutama bagi mereka yang suka bermain secara bersama-sama dan realtime. Sejarah game online ini sudah pasti menjadi pilihannya. Game dengan jaringan internet ini bisa menjangkau semua pemain dalam satu permainan dengan jaringan dan waktu yang bersamaan.

Game yang bisa dimainkan dengan mode online ini banyak sekali diminati oleh masyarakat jika dibandingkan dengan yang versi offlinenya. Banyak juga yang berkomentar bahwa game offline memiliki tampilan serta permainan yang monoton. Sementara game online memiliki banyak sekali jenis permainan yang bisa dipilih dan dimainkan sesuai dengan keinginan.

Hal ini terlihat dari segi tampilannya, custom pemain didalam permainannya, jenis-jenis gamenya, hingga level yang bisa di upgrade.

Sebuah pernyataan dari Ernest Adams  dan Andrew Rollings yang mengatakan bahwa game online bukanlah sebuah permainan melainkan sebuah kecanggihan teknologi yang mekanismenya adalah untuk menghubungkan dan menggabungkan banyak pemain dalam satu waktu dengan permainan yang sama.

Sementara itu, disisi lain Webster Dictionary mengatakan bahwa game merupakan kontes permainan fisik ataupun mental yang tujuannya bisa digunakan sebagai sarana hiburan yang membutuhkan sebuah keterampilan dalam memainkannya. Hal ini diungkapkan oleh Webster Dictionary pada tahun 1913 silam.

Sejarah game online ini memiliki banyak sekali jenis. Mulai dari game sederhana yang hanya berbasis teks saja hingga permainan dengan grafik virtual yang mana didalamnya terdapat banyak sekali pemain berkumpul menjadi satu dalam satu jenis permainan.

Permainan online ini juga terdiri dari dua unsur, yakni server dan client atau user. Pengertian server sendiri memiliki peran sebagai admin atau pusat kontrol game yang mengatur jalannya permainan serta menghubungkan para pemain untuk bermain bersama dalam satu waktu. Sedangkan client atau user merupakan orang yang bermain game melalui server tersebut.

Sejarah dari Game Online

Sejarah game online begitu panjang sebelum akhirnya menjadi secanggih seperti saat ini. Jadi, awal mula game ini dibuat adalah untuk tujuan pendidikan yang sudah dimulai sejak tahun 1969 dengan hanya dua pemain saja yang bisa menjalankannya.

Seiring berkembangnya teknologi, dibentuklah sistem berkemampuan time-sharing atau yang disebut dengan Plato pada awal tahun 1970. Sistem ini dibuat juga untuk memudahkan siswa menggunakan internet sebagai sarana pendidikan. Dimana nantinya beberapa pengguna bisa menggunakan akses jaringan komputer secara bersamaan dengan waktu yang sama.

Setelah sistem itu dirasa berhasil, barulah sistem dikembangkan menjadi lebih baik lagi. Tepat setelah dua tahun berlangsungnya sistem Plato, dibentuklah sistem Plato IV dengan kemampuan grafik yang jauh lebih epic dengan tujuan untuk menciptakan jenis permainan yang multiplayer.

Sejak tahun 1995, barulah game berbasis online ini benar-benar mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Dengan keputusan dihapusnya pembatasan National Science Foundation Network atau disingkat dengan NSFN ini sangatlah mempengaruhi akses domain sehingga menjadi lebih lengkap.

Seiring berkembangnya teknologi membuat Bartle Richard dan juga Roy Trubshaw menciptakan pengembangan pertama dari Multi User Dungeon yang disingkat MUD pada Desember tahun 1980-an. Proses pengembangan ini bertempat di Universitas Essex, Colcheste negara Inggris.

Sistem Multi User Dungeon (MUD) ini digunakan selama sembilan tahun saja. Sistem ini memiliki hak cipta paten dari Bartle. Tetapi Bartle sendiri memutuskan untuk membaginya dengan banyak universitas namun masih mematuhi kode etik yang ada.

Setelah sistem ini dibagikan untuk universitas, barulah sekitar tahun 1983 ratusan salinan yang ilegal didistribusikan diseluruh dunia secara serentak melalui internet. Sejak saat itulah banyak pihak yang membuat sejarah game online mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Seiring berkembangnya teknologi, memungkinkan para pembuat game untuk menjualnya di App Store atau Google Play Store. Google Play Store maupun App Store merupakan tempat bernaungnya banyak aplikasi yang bisa diunduh secara bebas. Mulai dari aplikasi media sosial, aplikasi kesehatan, sampai pada game offline ataupun online dengan metode berbayar atau gratis. Permainan dengan sistem online ini baru muncul di Indonesia sekitar tahun 2001.

Sejarah game online ini memiliki banyak item pendukung. Hal inilah yang akan dibahas sebagai ilmu pengetahuan tambahan tentang perkembangan ilmu teknologi yang ada. Agar Anda tidak hanya bermain saja, maka Anda pun juga harus mengetahui tentang sejarah dari game itu sendiri. Berdasarkan jenis permainannya, game online ini terbagi atas 7 item.

Game Online Berjenis Massively Multiplayer Online First Person Shooter Games atau MMOFPS

Permainan online ini mengambil sudut pandang sebagai orang pertama dengan menjadi subjek dalam permainan yang sedang dimainkan. Jadi seolah-olah Anda benar-benar sedang berada dalam permainan tersebut. Dimana setiap tokoh yang akan Anda mainkan memiliki karakter yang berbeda-beda berdasarkan refleks, akurasi, dan lainnya.

Jenis Massively Multiplayer Online Real Time Strategy Games atau MMORTS

Dalam jenis permainan yang satu ini, pemain diharuskan untuk pandai dalam mengatur strategi dalam mengelola dunia maya di permainannya sendiri. Dalam game berbasis real-time strategy ini, permainannya memiliki tema yang cukup beragam, mulai dari tema sejarah, fantasi, hingga bertemakan fiksi ilmiah.

Jenis Massively Multiplayer Online Role Playing Games atau MMORPG

Permainan jenis ini merupakan salah satu game yang dimainkan dengan para pemainnya memainkan tokoh khayalan yang nantinya akan berkolaborasi bersama pemain lain untuk menciptakan cerita dalam permainan tersebut. Game ini tidak hanya digunakan sebagai sebuah kompetisi, namun lebih untuk bermain bersama dalam sebuah permainan saja.

Jenis Cross Platform Online Play

Jenis permainan yang satu ini bisa dimainkan dengan banyak console game secara langsung melalui jaringan internet. Saat ini console sejarah game online yang sudah banyak berkembang yang dilengkapi dengan jaringan sumber terbuka dengan fungsi online.

Jenis Massively Multiplayer Online Browser Game

Permainan ini merupkan game sederhana yang dimainkan oleh satu pemain saja dengan bantuan teknologi scripting HTML, yakni ASP, PHP, JavaScript, hingga MySQL melalui web browser seperti Mozila Firefox atau browser lainnya.

Perkembangan teknologi yang berbasis web (Java dan Flash) menghasilkan permainan Java Games atau Flash Games. Teknologi Ajax merupakan teknologi games yang memungkinkan adanya interaksi permainan secara multiplayer.

Simulation Games

Pada jenis permainan ini, para pemain diharuskan untuk bertanggung jawab atas tokoh karakter yang dimainkannya dalam hal pemenuhan kebutuhan layaknya manusia pada umumnya, hanya saja ini merupakan permainan dalam dunia virtual.

Massively Multiplayer Online Game atau MMOG

Jenis permainan ini memungkinkan banyak pemain bisa bermain dalam satu permainan. Dimana setiap pemainnya bisa langsung berinteraksi dengan pemain lain layaknya seperti pada dunia nyata.

Dapatkan lebih banyak lagi informasi mengenai permainan game onlien terbaik yang bisa menghibur Anda seperti game pkv games online.

Sebenarnya masih banyak yang bisa dibahas dari sejarah game online ini. Namun, penjelasan diatas cukup luas untuk Anda pahami.