Tips Memilih Fashion Muslim yang Wajib Kamu Ikuti

Fashion muslim memiliki tren yang bermunculan, mulai dari wearpack, outer, serta jenis fashion lainnya. Maka dari itu, kita bisa menentukan sendiri pilihan kita yang sesuai dengan selera kita. Lantas, seperti apa cara memilih fashion muslim yang tepat? Berikut ulasannya!

  • Pilih yang tidak terlalu ketat

Tentu saja, kita semua sudah paham bahwa busana muslim dibuat untuk melindungi tubuh dan aurat. Maka dari itu, kita harus memastikan bahwa pakaian yang kita kenakan tidak terlalu memamerkan bentuk tubuh, apalagi sampai terlalu ketat dan sesak. Tentu saja, berpakaian yang ketat tidak sesuai dengan ajaran Islam. Selain itu, mengenakan pakaian yang ketat juga akan membuat kita sulit untuk bergerak dan merasa jadi tidak nyaman. Untuk memilih pakaian yang nyaman, cobalah menyortir pakaian yang sedikit longgar seperti ketika memilih blouse ataupun gamis.

  • Menggunakan pakaian yang tidak tembus pandang

Seiring dengan banyaknya produsen fashion muslim, kita tentu memiliki banyak pilihan untuk menentukan apa jenis pakaian yang akan kita gunakan. Akan tetapi, kita juga harus selektif karena tidak semua jenis pakaian muslim yang dijual sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Sebagai contoh, kita tidak boleh mengenakan pakaian muslim yang tipis ataupun menerawang karena hal tersebut tentunya tidak dianjurkan, sekalipun hanya pada bagian lengan saja. Apabila kita mencari pakaian yang modelnya menerawang, maka pastikan tetap sesuai, misalnya seperti dengan menggunakan manset maupun kaos.

  • Menggunakan fashion yang simpel

Pernah dengar istilah less is more? Istilah ini berasal dari Ludwig Mies Van De Rohe yang merupakan designer asal Jerman. Menurut Ludwig, fashion yang simple merupakan pilihan yang lebih menarik dibandingkan dengan fashion yang terlalu ramai. Apalagi, pada dasarnya fashion muslim bisa dikenakan pada berbagai kesempatan. Sementara itu, kita juga bisa menggunakan fashion yang motifnya tidak terlalu ramai. Kita juga bisa menggunakan busana yang motifnya polos sehingga tidak membuat tubuh menjadi terlihat besar.

  • Memilih fashion yang warnanya tidak terlalu mencolok

Seperti yang sudah dipahami bersama, busana muslim berfungsi untuk menutupi aurat, bukan untuk memperlihatkan aurat. Maka dari itu, sebaiknya kita juga selektif ketika memilih warna pakaian. Pilih warna-warna yang menenangkan serta memberikan kesan lembut dan kalem. Warna-warna tersebut diantaranya ialah warna merah muda, warna kuning muda, warna lavender, serta warna mustard. Warna netral juga bisa menjadi rekomendasi yang tepat karena mudah untuk kita padu padankan dengan warna lainnya sehingga kita tidak perlu terpaku dengan tren yang ada.

  • Memilih pakaian yang bahannya nyaman

Indonesia merupakan negara yang memiliki iklim tropis sekaligus kelembaban yang tinggi sehingga tidak heran jika kita sangat mudah untuk berkeringat. Oleh karena itu, kita juga harus cerdas dalam menentukan pakaian mana yang harus kita pilih berdasarkan dari bahan pakaian tersebut. Pilihlah yang bahannya nyaman ketika digunakan. Tentunya, tidak akan ada artinya bukan jika kita sudah tampil dengan pakaian yang mempesona namun pada kenyataannya pakaian tersebut malah tidak nyaman ketika digunakan?

Sebagai seorang Muslim yang cermat, tentunya kita harus mempertimbangkan beberapa hal ketika kita memilih baju. Jangan sampai, kita malah terburu-buru menentukan pilihan hanya karena tergiur oleh adanya harga yang menarik ataupun karena sedang mengikuti tren tanpa mempertimbangkan apakah pakaian tersebut sudah sesuai untuk dikenakan serta nyaman ketika digunakan atau tidak.