Tips Kombinasi Kopi Lampung ala Cafe

Dari biji Kopi Lampung jenis robusta yang telah diolah menjadi bubuk, Anda dapat membuat kombinasi yang menarik. Baik itu dengan mencampurkannya dalam seduhan robusta atau menyajikannya sebagai side dish. Berikut adalah beberapa kombinasi yang pas dari Kopi Lampung dan bahan lainnya.

  • Robusta Susu Pandan

Paduan kopi, susu, dan pandan menghasilkan cita rasa yang unik. Pahitnya rasa kopi berpadu dengan manis dari susu yang creamy serta terdapat aroma wangi ekstrak daun pandan.

  • Kopi Susu Coklat

Susu dicampurkan dengan lelehan coklat, bubuk robusta, serta gula pasir. Aduk sampai rata, lalu tuang dalam gelas. Terakhir, taburi dengan bubuk kakao sebagai topping. Tambahkan es krim maupun es batu apabila Anda suka.

  • Kopi Susu, Karamel, dan Popcorn

Kopi susu dengan tekstur kental dipadu dengan popcorn yang renyah. Apabila semua bahan telah ada di gelas, tuangkan karamel sebagai topping yang manis serta menyegarkan. Jadi, selain bisa diolah menjadi minuman, hasil tanaman ini juga bisa dijadikan makanan dan camilan.

  • Kopi Susu, Almond, dan Gula Merah

Seperti apa ya, rasanya? Anda bisa membuat dulu kopi susu dalam cangkir. Namun, jangan sampai memenuhi cangkir. Sisanya diisi menggunakan topping pecahan kacang almond, lalu taburi dengan remahan gula merah. Dapat diparut maupun dipecah kecil-kecil.

  • Es Robusta Susu Alpukat

Menu ini terdiri atas kopi robusta Lampung, susu, serta buah alpukat. Tambahkan es batu yang disajikan dalam potongan kecil, bukan hasil diserut. Ada pula yang menambahkan es krim rasa coklat serta meses sebagai topping.

  • Es Kopi Susu Keju

Cita rasa Kopi Lampung yang pahit khas robusta ditambah rasa gurih manisnya keju dengan tekstur yang tebal. Tambahkan es batu ke dalamnya. Nikmati sensasi baru minum robusta yang nyaman di lambung.

  • Es Robusta Lemon

Tuangkan air lemon hingga memenuhi separuh gelas. Setelah itu tambahkan seduhan Kopi Lampung yang telah tidak panas atau sudah sesuai suhu ruang. Terakhir, masukkan es batu. Anda akan merasakan sensasi yang segar dan unik.

  • Robusta Cold Brew

Bahannya seperti minuman kopi pada umumnya, hanya saja berbeda di pengolahannya. Seduh bubuk robusta menggunakan air panas. Diamkan hingga suhunya turun, lalu masukkan ke dalam lemari es.

Melalui proses ini akan didapatkan aroma yang strong. Setelah didiamkan 12 jam, keluarkan air kopi dari lemari pendingin. Tambahkan gula, dan campurkan dengan es batu.

  • Robusta dan Ubi Ungu

Kombinasi menu ini akan mengingatkan pada suasana pedesaan. Tubuh akan terasa segar, ditambah tidak ngantuk. Perut pun kenyang, sebab ubi adalah sumber karbohidrat. Apalagi jika yang disantap adalah ubi ungu.

  • Robusta dan Singkong

Kombinasi ini juga terbilang asyik. Singkong dapat direbus, dapat juga digoreng. Singkong rebus masih dapat dijadikan berbagai varian. Misalnya ditambahkan keju, meses, atau sambal.

  • Robusta dan Roti

Roti keju, roti pisang, maupun roti coklat mudah diperoleh di minimarket. Dipadukan dengan minum ini, nikmatnya sulit digambarkan.

  • Robusta dan Jagung

Minum robusta ditemani jagung tidak kalah nikmat. Anda dapat menggunakan jagung rebus maupun jagung bakar. Sama-sama nikmat!

Masih terdapat banyak cara untuk memadukan Kopi Lampung dengan bahan lain, untuk menjadi menghasilkan yang nikmat serta menyegarkan. Selamat bereksperimen di rumah, ya!