Kartu Prakerja Gelombang 11 Akhirnya Dibuka  

Akhirnya telah dibukanya Kartu Prakerja gelombang 11. Awalnya bantuan dari pemerintah untuk pekerja di Indonesia ini hanya hingga gelombang 10. Tetapi karena minat masyarakat pada Kartu Prakerja ini semakin banyak, akhirnya dibuka kembali. Pada 2 November 2020, melalui Instagram resmi Kartu Prakerja maka telah resmi dibukanya Kartu Prakerja gelombang 11.

Louisa Tuhatu selaku Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja memberikan keterangan secara tertulis tentang kuota yang dibuka pada gelombang 11 pada Kontan.co.id. Dikutip dari Kontan.co.id (02/11/2020), ada sebanyak 400.000 kuota yang dibuka pada Kartu Prakerja gelombang 11 kali ini. Kartu Prakerja gelombang 11 telah dibuka sejak Senin (02/11/2020) kemarin pada pukul 12.00 WIB.

Seperti yang dikutip dari dashboard Kartu Prakerja, gelombang 11 hanya dibuka hingga 4 November 2020. Peserta bisa mendaftar Kartu Prakerja secara offline dan online. Lalu bagaimana Cara daftar kartu pra kerja online yang benar?

Tetapi jika kamu ingin mendaftarnya secara online, maka berikut dibawah ini cara membuat Kartu Prakerja online, diantaranya yaitu :

  • Pertama tama masuk ke laman https://www.prakerja.go.id/, kemudian klik pada “Daftar Sekarang”
  • Menuliskan alamat email kamu yang masih aktif serta kata sandi pada akun Prakerja.
  • Setelah registrasi, akun kamu akan diverifikasi terlebih dahulu. Nantinya email verifikasi akan dikirim ke alamat email yang telah terdaftar di akun Prakerja.
  • Setelah akun diverifikasi, masuk lalu login pada akun milikmu.
  • Isi nomor KTP, nomor Kartu Keluarga, serta tanggal lahir kamu.
  • Setelah itu isi data diri dengan benar dan jelas, lalu unggah KTP kamu.
  • Isi nomor ponsel kamu yang masih aktif. Nantinya nomor tersebut akan dikirim kode OTP untuk proses verifikasi.
  • Setelah itu kamu tinggal mengisi Pernyataan Pendaftar. Jika sudah selesai tinggal klik “Oke”.
  • Sebelum memilih gelombang, kamu harus mengetahui terlebih dahulu tes motivasi serta kemampuan dasar.
  • Setelah selesai mengerjakan tes, tinggal pilih gelombang  yang sedang dibuka kemudian klik “Gabung”.

Dan tahap terakhir yang harus dilakukan adalah menunggu notifikasi dari Prakerja. Bagi yang telah memiliki akun serta telah diverifikasi, maka kamu bisa langsung bergabung pada gelombang 11. Nantinya  pengumuman penerima bantuan dana Prakerja gelombang 11 akan diterima via SMS. Pantau selalu dashboard akun Kartu Prakerja kamu untuk mengetahui hasil seleksi gelombang 11.

Tetapi apakah kamu sudah tahu apa itu Kartu Prakerja? Berikut dibawah ini beberapa fakta menarik tentang Kartu Prakerja, diantaranya yaitu :

  • Kartu Prakerja merupakan sebuah kartu yang digalangkan dalam rangka program pelatihan serta pembinaan Warga Negara Indonesia yang belum memiliki keterampilan. Kartu Prakerja tersebut dipromosikan oleh Joko Widodo pada masa Kamapanye Pemilihan Umum Presiden Indonesia 2019, bersama dengan KIP kuliah, serta Kartu Sembako Murah.
  • Sebagai contoh dalam sebuah kampanye Pemilu 2019 lalu di Senayan, pada 10 Maret 2019, Joko Widodo akan menjalankan program Kartu Prakerja ini jika dirinya terpilih sebagai presiden sebagai jalan bagi para pendaftarnya untuk memasuki dunia kerja. Kartu Prakerja tersebut tidak hanya memberdayakan tetapi juga dinyatakan bisa menanggulangi kemiskinan. Kartu Prakerja juga dinilai efektif untuk industri.
  • Nantinya setiap pemohon atau pendaftar yang telah lulus seleksi dan mendapatkan atau memegang Kartu Prakerja bisa secara langsung mengikuti berbagai kursus secara online untuk meningkatkan kompetensi serta kemampuan kerja mereka. Kartu Prakerja tersebut hanya dikhususkan bagi mereka anak anak muda yang baru tamat SMA/SMK atau Perguruan Tinggi yang sedang mencari loker serta diberi tunjangan untuk biaya pelatihan kerja dalam jangka waktu 6 hingga 12 bulan saja.