Tips Agar Burung Pleci Bersuara Lantang di Ajang Perlombaan

Saat ini perlombaan kicau burung memang baru digemari setiap orang. Burung pleci termasuk salah satu jenis yang memiliki suara lantang dan merdu untuk diadu di ajang lomba semacam itu. Tak heran semakin hari semakin banyak yang ingin memiliki jenis burung ini untuk dipelihara. Tak hanya itu banyak yang melatihnya setiap hari hanya agar suara yang dihasilkan bisa memenangkan setiap perlombaan.

Inilah Tips yang Harus Anda Ketahui Agar Burung Pleci Bersuara Lantang dan Merdu

  • Meletakkannya di tempat yang tinggi

Untuk hal ini belum diketahui oleh kebanyakan orang. Selain untuk melatih agar menghasilkan suara yang lantang, burung pleci juga akan terhindar dari stres. Hal ini dikarenakan dengan meletakkan di kandang yang digantung di ketinggian akan membuatnya merasa seperti di habitatnya. Tentu saja stress juga akan mempengaruhi suara yang dihasilkan burung tersebut.

  • Melatih bunyi yang dihasilkan

Tips yang kedua ini sangat penting untuk Anda lakukan. Dengan seringnya melatih burung pleci, suara yang dihasilkan pun juga akan semakin lantang. Anda bisa menirukan suara dari betina untuk memancing jenis burung ini berkicau. Hal ini dikarenakan untuk jenis burung ini cenderung hidup berkelompok di habitatnya.

  • Memperhatikan pakan yang diberikan

Pakan yang diberikan pada burung pleci juga akan mempengaruhi suara yang akan dihasilkan nantinya. Gizi yang terpenuhi akan membuat tubuhnya sehat dan bisa menghasilkan bunyi yang lantang saat berkicau. Selain itu juga nutrisi tambahan juga sangat diperlukan untuk mengantisipasi burung tersebut terkena penyakit.

  • Mengecek kesehatan

Sebaiknya Anda juga memperhatikan kesehatan burung pleci dengan mengeceknya setiap hari. Kesehatan yang menurun akan terlihat jelas pada perilakunya. Burung tersebut akan cenderung lebih banyak diam dan tidak berkicau ketika sakit. Hal ini dikarenakan tidak adanya stamina dan energi yang dihasilkan ketika sakit. Oleh karena itu, kesehatan menjadi faktor penting untuk membuat jenis burung ini bisa berkicau dengan bunyi yang lantang.

  • Penjemuran

Hal ini kerap kali disepelekan oleh sebagian orang. Padahal manfaat yang dihasilkan bisa membuat burung pleci menghasilkan bunyi yang lantang. Anda bisa menjemurnya pada pagi hari sesusah memandikannya. Sinar matahari pada pagi hari memang dikenal dengan manfaatnya untuk kesehatan, termasuk untuk jenis burung ini. Namun biarkan dahulu tubuhnya kering setelah mandi sebelum dijemur agar terhindar dari stress.