Musim Hujan, Persiapkan Hal Ini Agar Tetap Sehat dan Aman

Curah hujan tinggi diprediksi akan terjadi sepanjang bulan Januari hingga Maret di berbagai wilayah di Indonesia. Seperti yang kita ketahui sendiri, di awal tahun baru tanggal 1 Januari 2020, beberapa wilayah termasuk ibukota dan Bodetabek direndam banjir yang cukup tinggi akibat derasnya hujan di malam pergantian tahun.

Karena bertepatan dengan pergantian tahun, sebagian besar orang mungkin kurang aware dan siap dalam menghadapi derasnya hujan yang berujung pada bencana banjir. Nah, untuk kali ini, karena musim hujan masih akan terus berlanjut, jangan sampai kecolongan lagi, yuk. Agar tetap sehat dan aman meski hujan terus, kamu bisa mencoba mengantisipasi berbagai risiko yang akan terjadi dengan cara mempersiapkan 4 hal berikut ini.

Periksa kondisi kendaraan

Meski hujan, berbagai aktivitas tentu harus tetap jalan. Buat kamu yang sehari-hari beraktivitas dengan menggunakan kendaraan pribadi, misalnya untuk pulang pergi kantor, maka hal pertama yang perlu dicek segera ada kondisi kendaraanmu.

Kapan terakhir kali kendaraanmu diservis? Karena kerap terguyur air hujan dan cuaca lembab, ini akan memengaruhi beberapa bagian dari kendaraan misalnya bagian kaca, lampu, pelek, hingga knalpot. Jangan sampai lagi berkendara di tengah hujan, kendaraanmu tau-tau mogok tanpa sebab. Bisa repot, lho. Kalau bulan ini belum diservis, maka servis segera ya agar tetap aman beraktivitas selama musim hujan.

Pastikan talang air, genting, dan ventilasi rumah dalam keadaan baik

Nggak hanya kendaraan, kondisi rumah juga sangat penting dan wajib diperiksa agar aman sepanjang musim hujan. Terutama untuk bagian talang air, genting, dan ventilasi rumah. Sebab, derasnya air hujan jelas akan memengaruhi tiga bagian tersebut. Jangan sampai terjadi kebocoran di dalam rumah akibat rusak atau pecahnya genting dan talang air.

Begitu juga dengan kondisi ventilasi rumah. Selama hujan, tentunya hawa lembab akan masuk ke dalam rumah dan dapat memengaruhi kondisi tembok, kayu, dan besi yang ada di dalam rumah. Pastikan ventilasi terpasang dengan baik dan rutin dibersihkan agar kesehatan pernapasan kamu dan keluarga tetap terjaga.

Bersihkan saluran air dan kolam di kamar mandi

Jangan lupa untuk menyempatkan waktu mengecek kondisi saluran air di sekitar rumah: apakah penuh sampah atau endapan lumpur? Jika ya, segera lakukan kerja bakti untuk membersihkan. Sebab, hal ini dapat menyebabkan terjadinya banjir ketika turun hujan dalam intenstitas yang tinggi. Selain itu, kondisi kolam dan penampungan air di kamar mandi juga perlu rutin dibersihkan agar tidak menjadi sarang jentik nyamuk yang bisa menjadi wabah demam berdarah.

Pertimbangkan untuk membeli sumber listrik cadangan

Belajar dari bencana banjir di tanggal 1 Januari 2020, aliran listrik sempat dipadamkan selama lebih dari 1 hari di berbagai titik. Tentu repot rasanya jika harus tetap beraktivitas namun nggak ada listrik di rumah. Untuk mengantisipasi kondisi ini, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli sumber listrik cadangan seperti genset. Tidak terlalu mahal, harga genset biasanya berkisar mulai dari Rp 1 jutaan di toko perlengkapan rumah.

Butuh pinjaman cepat untuk memenuhi kebutuhan darurat selama musim hujan?

Kamu bisa mencoba ajukan pinjaman cepat ke fintech terpercaya seperti Kredivo. Kalau tabungan tidak cukup untuk meng-cover segala kebutuhan di musim hujan, maka fintech bisa menjadi solusi tepat untuk mendapat dana pinjaman. Hanya dengan memenuhi tiga syarat berikut, kamu sudah bisa daftar akun Kredivo melalui aplikasinya (download di Google Play Store atau App Store) dan berkesempatan mendapat limit hingga Rp 30 juta:

  1. WNI berusia minimum 18 tahun.
  2. Berpenghasilan tetap minimum sebesar Rp 3 juta per bulan.
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi.

Pilih daftar sebagai pengguna Premium ketika kamu sudah mendownload aplikasinya. Sebab, selain berkesempatan mendapat limit lebih besar, dengan menjadi pengguna Premium kamu juga bisa menikmati ragam fasilitas kredit yang ditawarkan Kredivo. Bukan hanya bisa ajukan pinjaman cepat, tapi juga bisa kredit barang tanpa uang muka dengan bunga rendah dan tenor maksimal 12 bulan.

Ada dua fitur pinjaman cepat yang tersedia di Kredivo: pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Dengan pinjaman mini, kamu bisa pinjam dana cepat mulai dari 500 ribu dalam tempo 30 hari, dengan suku bunga 2,95% saja. Sementara jika butuh dana lebih besar, maka pinjaman jumbo bisa kamu coba dengan minimum pengajuan mulai Rp 1 juta ke atas, dan opsi tenor 3/6 bulan. Dalam waktu 1 hari kerja, pinjaman dana akan langsung cair ke rekening yang kamu daftarkan jika disetujui. Praktis dan cepat!

Selain itu, limit di akun Kredivo-mu juga bisa dibelanjakan di 250 lebih e-commerce dan merchant yang telah menjadi mitra Kredivo: ada Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan masih banyak lagi. Misalnya, harga genset yang sesuai dengan kebutuhan rumah terlalu mahal untuk dibeli tunai. Maka kamu bisa beli dan bayar dengan cara cicilan menggunakan Kredivo di merchant-merchant tersebut. Hanya dengan minimum pembelanjaan Rp 1 juta, kamu bisa cicil dengan opsi 3/6/12 bulan tanpa uang muka!