5 Manfaat Pijat Bayi

Pijat bayi hanya bukan sekedar tren saja, namun pijat bayi ini ternyata banyak sekali manfaatnya. Dimana, manfaat pijat bayi ini tidak hanya bisa didapatkan dari pemijatan yang dilakukan oleh tenaga profesional di pusat perawatan bayi atau spa bayi saja, namun juga bisa diperoleh dari pemijatan yang bunda lakukan sendiri di rumah.

Namun perlu diingat, cara memijat bayi secara sendiri ini harus dilakukan dengan lembut dan hati-hati. Karena berbeda dengan orang dewasa yang otot dan kulitnya tahan terhadap tekanan keras saat dipijat, sedangkan pada bayi akan mudah merasa kesakitan dan cedera apabila dipijat terlalu keras. Hal ini dikarenakan otot dan kulitnya masih tipis dan sensitif.

Lalu apa saja manfat dari pijat bayi ini? Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini akan memberikan informasi tentang 5 manfaat pijat bayi sebagai berikut ini :

  1. Membuat Bayi Merasa Lebih Tenang dan Nyaman

Perlu diketahui bahwa pijatan pada bayi bisa merangsang sistem saraf pusat. Dimana, sentuhan fisik pada bayi akan mengirim sinyal ke otaknya untuk memproduksi lebih banyak endorfin dan serotonin, yakni hormon yang bisa membuat perasaan menjadi lebih bahagia dan nyaman. Sehingga kedua hormon ini sangat bermanfaat dalam membantu mengurangi nyeri yang dirasakan oleh bayi.

  1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat selanjutnya adalah dapat melancarkan pencernaan bayi. Dimana, pijat bayi ini bisa membuat sistem pencernaannya menjadi lebih nyaman dan bergerak lebih lancar. Pada saat bayi bunda rewel karena gangguan pencernaan, seperti sembelit, perut kembung, atau mengalami kolik, maka ia akan merasa lebih nyaman setelah mendapatkan pijatan.

  1. Membuat Tidur Bayi Lebih Nyenyak

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa pijatan pada bayijuga dapat membuat siklus tidurnya lebih teratur. Artinya bayi akan bisa tidur lebih banyak di malam hari dan lebih aktif di siang hari. Hal ini dikarenakan pada bayi yang rutin dipijat diketahui memiliki kadar melatonin yang lebih tinggi. Dalam hal ini, secara alami tubuh bayi akan memproduksi hormon melatonin saat hari mulai gelap. Dimana, melatonin inilah yang bisa membuat tubuh mengantuk. Jadi, semakin nyenyak tidur di malam hari, maka akan semakin banyak pula melatonin yang dilepaskan. Bukan hanya itu, pijat bayi juga bisa bermanfaat tubuh bayi menjadi lebih rileks sehingga bisa tidur dengan nyenyak.

  1. Mengurangi Kadar Bilirubin

Biasanya beberapa hari setelah lahir, maka kulit bayi akan menjadi kuning. Berubahnya warna kulit bayi menjadi kuning ini dikarenakan dengan meningkatnya kadar bilirubin. Dalam sebuah penelitian, diketahui bahwa bayi kuning yang mendapatkan pijatan selama 15-20 menit dan fototerapi terlihat mengalami perbaikan yang lebih cepat daripada bayi yang hanya mendapatkan fototerapi. Tentunya hal ini membuktikan bahwa manfaat pijat bayi ini juga sangat berpengaruh pada penurunan kadar bilirubinnya.

  1. Memperkuat Hubungan Antara Bunda dan Bayi

Manfaat pijat bayi berikutnya adalah dapat memperkuat hubungan antara bunda dan bayi. Memijat bayi ini merupakan cara yang sederhana namun sangat efektif guna meningkatkan serta memperkuat hubungan emosional antara orang tua/bunda dengan sang bayi. Dalam hal ini, ada sebuah penelitian bahkan mengungkapkan bahwa pijat bayi bisa mengurangi gejala depresi pascamelahirkan dan meningkatkan kepekaan orang tua/bunda terhadap kebutuhan bayinya.

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang 5 manfaat pijat bayi, semoga ada guna dan manfaatnya khususnya bagi para bunda yang memiliki bayi. Selamat mencoba.