MEMBUKA USAHA FOTOKOPI ATAU BISNIS XEROX

MEMBUKA USAHA FOTOKOPI ATAU BISNIS
MEMBUKA USAHA FOTOKOPI ATAU BISNIS “XEROX”

MEMBUKA USAHA FOTOKOPI ATAU BISNIS “XEROX“! Bukan pertimbangan normal ketika seseorang ingin memulai bisnis di Indonesia. Tetapi jika Anda perhatikan, mereka ada di mana-mana, terutama di dekat perguruan tinggi dan kantor pemerintah. Meskipun ada teknologi digital untuk menggandakan dan mendistribusikan dokumen, kebutuhan akan layanan fotokopi masih ada. Dan bisnis “xerox” tetap sebagai bisnis yang layak untuk dijalani. Jika Anda tertarik dan mencari kiat tentang cara membuka usaha fotokopi, maka inilah panduan umum untuk membantu Anda memulai di jalan yang benar!

Modal

Anda jangan terjun ke bisnis ini dengan asal asalan, jadi menentukan anggaran modal Anda adalah suatu keharusan. Sebelum Anda mulai, perkirakan jumlah salinan yang akan Anda hasilkan setiap hari dengan menentukan berapa banyak traffic yang dihasilkan di bisnis fotokopi lainnya.

Sekarang setelah Anda menentukan taksirannya, mintalah penawaran dari pemasok Anda yang mencakup perkiraan biaya per salinan. Faktor yang perlu dipertimbangkan adalah biaya toner per salinan, biaya kertas per salinan, konsumsi listrik per unit dan yang paling penting, biaya perawatan mesin fotokopi.

Peralatan

Jika secara teoritis, Anda akan memiliki banyak pelanggan dengan segera, Anda harus mempertimbangkan terlebih dahulu kemampuan mesin fotokopi yang akan Anda peroleh karena permintaan dapat melampaui pasokan Anda.

Jadilah bijak dalam memilih mesin fotokopi Anda karena Anda akan mengandalkan menggunakannya setiap hari, yang berarti juga menyadari seringnya keausan. Dengan itu dikatakan, jika kita membuat peringkat opsi untuk memperoleh mesin fotokopi itu adalah:

  • Diperbaharui atau Bekas
  • Baru
  • Menyewa

Iklan

Saat ini, membeli mesin fotokopi atau printer memiliki chip built-in yang memberitahu Anda bahwa mereka kehabisan tinta. Namun, ini adalah cara untuk membuat konsumen segera membeli tinta meskipun kartrid belum kosong.

Dari segi kinerja, pilih mesin fotokopi yang dapat menghasilkan 40-50 salinan per menit. Seringkali, Anda akan memiliki pelanggan reguler dengan persyaratan volume besar.

Pertimbangkan RISOgraph untuk minimum 1 rim per pencetakan karena ini akan memberi Anda lebih banyak keuntungan.

Untuk hasil cetak berkualitas lebih baik, pilihlah mesin fotokopi tipe bubuk, yang biasanya menjadi normal akhir-akhir ini. Tentu saja, Anda akan membutuhkan stapler dan rak kertas A4 untuk memasang rim kertas. Barang-barang ini biasanya mencakup dasar operasi bisnis Anda.

Hubungi pemasok Anda dan mintalah syarat garansi untuk bagian-bagian mesin fotokopi Anda dan waktu respons yang biasa untuk perbaikan layanan.

Lokasi

Kenyamanan dan aksesibilitas bisnis Anda akan memberi Anda keuntungan, jadi Anda harus memilih area di mana dokumen dibutuhkan dengan cepat seperti kantor dan distrik sekolah, area di mana lalu lintas pejalan kaki tinggi dijamin.

Dan bertentangan dengan apa yang Anda pikirkan, salah satu lokasi terbaik adalah di dekat pusat fotokopi lainnya. Dengan cara ini, Anda dapat memiliki pelanggan melimpahan.

Selain itu, semakin banyak bisnis fotokopi di suatu daerah, akan semakin populer, dan dari mulut ke mulut pasti akan membantu dalam mendatangkan lebih banyak pelanggan.

Pemasaran

Sebelumnya telah disebutkan bahwa bisnis fotokopi masih berkembang, dan biasanya berlokasi di mana-mana. Jadi, apa yang Anda lakukan untuk membuat Anda menonjol? Tawarkan layanan yang lebih baik!

Secara opsional, Anda dapat mencoba dan menawarkan layanan pencetakan yang akan meningkatkan nilai persepsi Anda dari perspektif pelanggan, sehingga memberi Anda keunggulan kompetitif!

Demikian langkah-langkah yang harus diambil dalam membuka usaha fotocopy atau “xerox”. Alangkah baiknya bila Anda mengikuti prosedur yang sudah dilampirkan dalam artikel ini. Mulailah dari hal kecil terlebih dahulu bila mengalami kendala dalam dana. Jika Anda benar-benar menekuni bisnis ini, maka akan mendatangkan profit keuntungan yang tidak sedikit. Karena setiap harinya konsumen pasti akan mencari toko percetakan untuk kebutuhan sehari-hari terutama para pelajar.